USB Flash disk bikin panik

Siang tadi, waktu mau memindahkan data dari USB Flash disk (UFd) ternyata menjadikan suatu pekerjaan biasa menjadi ermm.. tidak biasa. Lagi asiknya meindahkan data dari UFd ternyata ditengah jalan proses pemindahan data gagal. What the hell? Secara garis besar pesan errornya bilang bahwa flashdisk tidak bisa ditulis, sedang di write-protect bla..bla.bla.

Oke, mungkin waktu itu saya lagi sedikit tidak konsenstrasi pindahin datanya.. dicoba lagi prosesnya dari awal. Setelah beberapa detik, pesan yang sama keluar lagi. Oke, berarti tekanan darah gw masih normal.. dan gw gak berhalusinasi :-D.

Karena sudah kebiasaan gw menggunakan perintah Cut + Paste dari pada Copy + Paste untuk file dari UFd, maka hal yang pertama kali diperiksa apaan sih yang dipindahin. Sapa tau ada yang lagi dipake, anehnya.. lagi gak buka apa-apa kok dari UFd.

Oke, mungkin ini ada shell-extension yang ngaco, baca file dari UFd jadi gak bisa diapus filenya. Explorer dimatiin, lalu Windows di “lite-restart” yang secara garis besar me-restart process explorer.exe. Suatu teknik yang tidak biasa dilakukan orang-orang, karena termasuk jurus silat terlarang 😀 yang melibatkan kombinasi tombol Ctrl + Shift + Alt + tombol ‘Cancel’ di dialog Shutdown Computer. Setelah yakin tidak ada program mencurigakan yang lagi jalan di background, explorer.exe dijalanin lagi. Dan hasilnya, tetap tidak bisa.. lho? **alis mata langsung naik**

Aneh.. Gw coba lagi lewat console (‘DOS’ jadi-jadian di XP) menggunakan perintah yang udah lama gak pernah dipakai. Lucunya malah sempat salah ketik.. mv. Kakakaka… 😀 Anyway.. tetep gak bisa juga, sampe restart Windows tapi masih gak bisa juga. Nah lho…

Otak mulai berpikir, oke.. gw sadar kalau UFd pasti ada masa hidupnya.. jumlah baca-tulis maksimal, etc.. etc. Tapi masa iya UFd gw udah sampe segitu? Seinget gw angkanya gede dah. Masa iya gw yang pake UFd cuman buat mindahin data, itupun jarang-jarang udah nyampe angka segitu?

Tenang, kite coba pindah OS –coba pakai Linux dulu–, siapa tau di komputer udah ada rootkit yang macem-macem. Soalnya tadi sebelum mindahin file dah baca berita dari internet rootkit sekarang bisa buat file gak keliatan waktu listing di explorer, sapa tau ada program nyeleneh yang baca file di direktori yang dipake ama rootkit. Kemungkinannya kecil banget, tapi sapa tau aja… :-p. Lagian masa iya rootkit dah ada yang masuk ke Linux?

Singkat cerita, Ubuntu selesai booting.. dan coba pindahin data dari UFd ke partisi dokumen. Tetep gak bisa juga, dia bilang cannot write to device.. bla..bla..bla. What the …? Walah, ini udah di mount.. unmount.. mount ulang lagi.. sampe 2 kali, fsck, sampe copot-pasang-copot-pasang tetep gak bisa juga. Aneh banget, ini beneran dah expired nih??

Bingung… copot UFd dari komputer Linux pasang di komputer Windows. Jalanin program CD catalog untuk cari program Process Explorer dari SysInternals ada di CD yang mana. Process Explorer ini bisa liat process apa pake file apa dan letaknya. Siapa tau ada file DLL tersembunyi di UFd (karena rootkit), dan dipake oleh Windows.

Kalaupun iya Process Explorer bisa menemukan bahwa masalahnya di Windows, ini tidak menjelaskan kenapa kok di Linux juga gak bisa. Pokoknya gw tetep cari aja programnya dulu, sapa tau bisa kasih penjelasan yang logis (dan terlebih lagi, penjelasan yang lebih ekonomis) dari pada ‘lem biru’. Intinya gudang senjata satu per satu mulai dikeluarkan.

Lagi gitu mulai ingat waktu ada seorang teman minta nasehat waktu mau beli UFd, dia bilang kalau UFd yang ada fasilitas write-protect itu apa lebih bagus daripada UFd yang biasa. Jadi sekarang pertanyaannya adalah, apa iya UFd gw ada write-protectnya? Selama ini, dan gw gak tau? UFd yang gw dah pake dari jaman belanda, masa iya ada write-protectnya? UFd murahan gini, masa iya ada? Seinget gw yang jualan gak ngomong ada write-protect, waktu itu UFd yang ada write-protect belon ada dijual. Masa iya UFd murah gini termasuk cutting-edge di jamannya?

Penasaran juga, UFd gw copot.. trus cari-cari bagian mana yang menunjukkan write- protected. Barang dah segini kecil, tulisannya pelit amat seh.. logo aja yang digedein, minimal kasih inisial “WP” kek. Setelah 10 detik, pencarian secara resmi ditetapkan selesai dan tidak ada yang namanya write-protection di UFD ini.

Kecurigaan berikutnya: write-protected lewat software. Ngaco lo… di Linux aja gak bisa, lagian ini UFd waktu dateng isinya polos, gak ada software yang perlu diinstall, dan selama ini gak perlu ada program yang jalan waktu UFd dipake (baik di Windows atau Linux). Oke.. kalo gitu jalan terakhir format habis isinya, mungkin ini ada masalah dengan filesystem-nya. Ya, that’ll do it.. Oke, jadi right-click disini… pilih “Format..”, lalu OK. Buset gak bisa jugaa?

Sampe disini gw dah berpikir untuk siap-siap pergi ke Penguin (toko komputer) buat beli UFd baru. Tapi kemudian gw pikir lagi, masa iya sih gw dah sekian juta kali nulis ke UFd ini?

Di detik itu juga datang ‘revelation’, semuanya mulai jadi terang… UFd ini gw cantolin ke gantungan kunci kamar, waktu itu, waktu di kampus sebelum mau copy file-file (yang sekarang sedang gw mo pindahin filenya) dari laptop temen.. disitu dia mainin UFd gw sambil liat-liat gantungan kunci kamar (temen yang aneh… demen amat liatin kunci kamar. kalau gak diliatin, bisa jadi kunci kamar + UFd dah ilang tuh :-D).

Waktu itu jempolnya gesek-gesek UFd sambil diputerin kanan-kiri, nah mungkin jempol itu kuncinya. Maksudnya tempat gesekannya itu, bukan artinya UFd ini menggunakan sistem keamanan berbasis sidik jari jempol.. kalau ada sidik jari yang tidak dikenal file-filenya jadi read-only. Tambah ngaco lagi!

Ternyata ditempat temen gw gesek-gesekin jempolnya, ada sebuah tombol kecil.. sangat kecil dan dibuat dari plastik dengan warna transparan, yang sempat saya pikir ini lampu. Saya gak pernah perhatikan kok ‘lampu’ yang ini gak pernah kedip-kedip? Pikiran saya, kan produk murah.. yah cacat produksi kali.. gitu. Ternyata itu adalah tombol geser! Saya coba geser ke arah berlawanan dan ternyata proses pemindahan data berjalan lancar.

lampu.jpg

Ternyata, selama ini… begonya saya ini! Hal yang sangat sederhana ini hampir membuat gw ngeluarin seluruh senjata digudang. Lebih bego lagi, ternyata itu tombol.. bukan lampu! Emang dasar, produk murah… gw juga gak salah dong.. habis waktu beli gak ada user manual di kemasannya :-D. Kalo gitu yang salah siapa? Yang pasti gw justru untung, ternyata UFd gw lebih canggih daripada yang pernah gw tau selama ini… walaupun dengan ‘lebih canggih’ itu artinya ada tombol kecil untuk write-protect.

1 Comment

Filed under Orang bego punya kegiatan

One response to “USB Flash disk bikin panik

  1. Kelley

    Eh..kok sama ya mslh kita. Aku mau cobain lihat USB yang hampir aku buang.
    Sering2 ya buat cerpen MSLH DAN PEMECAHAN NYA. Sekalin bagi ilmu.
    Tks

Leave a Reply

