Free Pascal dan Lazarus untuk Windows menggunakan batch


Latar Belakang

Oke, kemaren (dulu.. ada kali sekitar dua mingguan) gw compile Free Pascal (FPC) dan Lazarus dari source. Gw compile FPC dari source soualnya mo buat program yang side-by-side dengan beberapa program Python. Karena gw install Python di sistem Linux dan (sengaja) malas men-download Python untuk Windows, jadi seharusnya gw download FPC yang khusus untuk Linux.

Tapi mungkin memang karena gw orang yang gak mo rugi, istilahnya kalo bisa ya sekali aja download buat Windows dan Linux, jadi akhirnya (seperti biasa) gw download yang bentuk source. 😀

Masalah

Disini gw buat tulisan tentang compile FPC dan Lazarus di Windows, soalnya kalo compile di Linux dah gak perlu penjelasan; maksudnya relatif mudah untuk orang-orang yang sengaja pakai Linux. Gw gak bermaksud untuk ngomong orang-Windows bego, tapi masalahnya memang kebanyakan orang tidak tahu cara meng-compile.

Pengalaman gw meng-compile FPC (dan Lazarus) melalui proses membaca beberapa petunjuk, mailing-list, termasuk chat sebentar lewat IRC dengan para pemakai FPC lainnya, jadi gw harap tulisan ini bisa membantu supaya loe-loe orang gak perlu cape (d).

Proses kompilasi di Windows sebenarnya tidak bisa dikatakan sulit, tidak serumit misalnya, cross-compiling GNU toolchain Linux ke Windows. Walaupun in a sense proses ini *memang* meng-compile sebuah compiler yang cross-platform, tapi selama menggunakan tool yang tepat (no, yang satu ini gak bisa di compile pake VS) seharusnya tidak ada masalah.

Disini gw untuk menggunakan batch-file untuk menyembunyikan langkah-langkah yang diperlukan dan mempermudah otomatisasi proses kompilasi.

Prasyarat

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai. Pastikan dulu anda memiliki semua hal yang dibutuhkan dalam proses kompilasi, yaitu :

a. Windows

Disini gw menggunakan Windows XP SP2. Walaupun gw yakin bahwa batch-file tersebut tidak akan jalan di Win9x tapi secara pribadi gw belum coba, tapi anggap aja gw bilang minimal Windows XP.

b. mingw32

Karena kompilasi FPC dan Lazarus memerlukan GNU toolchain, maka cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan mingw32. Kalo gak punya mingw32 ato tidak bisa compile toolchain sendiri, cara yang paling mudah download versi binary dari website resmi mingw32 disitu sudah ada semuanya.

Secara umum dari toolchain yang dibutuhkan disini adalah binutils untuk proses kompilasi, dan GNU Debugger untuk digunakan oleh Lazarus.

Disini gw compile pake mingw32 (well, sort of…) walaupun *katanya* pakai Cygwin juga bisa. Sekedar info, dari hasil chat dengan sesama compiler FPC & Lazarus mereka menyarankan untuk menggunakan mingw32.

c. Compiler Free Pascal versi sebelumnya

Kompilasi FPC dan Lazarus menggunakan compiler FPC. Karena compiler FPC ditulis menggunakan “dialek” Pascal FPC, maka tentu yang sangat mengerti “dialek” itu adalah compiler FPC. Singkatnya, untuk membuat compiler baru dibutuhkan compiler lama.

Kalau anda punya FPC versi sebelumnya, bagus, tapi kalau anda tidak punya anda bisa download atau copy compiler FPC versi sebelumnya.

Disini sebenarnya bagian yang agak susah, anda tidak perlu men-download semua file FPC versi lama, cukup compiler utamanya saja yaitu ppc386.exe. Mungkin cara yang paling mudah adalah masuk ke channel #FPC di server irc.freenode.net lalu minta file compiler itu dari salah satu orang disana.

Gw? Karena gw punya installer FPC versi sebelumnya, maka gw tinggal menggunakan yang itu saja. Hehehe..

d. Pengetahuan tentang perintah DOS standard

Gw berasumsi semua orang sudah tahu cara pakai perintah cd, del, mkdir, dan sebagainya.

Proses / Cara

Berikut adalah langkah demi langkah yang gw pake selama proses instalasi FPC dan Lazarus :

  1. Pertama-tama, download dulu file-file batch tersebut dan ekstrak ke lokasi sementara (emangnya masih harus dibilangin apa?).
  2. Install FPC versi sebelumnya di sebuah direktori atau letakkan file compiler (ppc386.exe) pada sebuah direktori.
  3. Copy file install-fpc.bat ke lokasi dimana FPC ingin di-install.
  4. Buka jendela command (Run, ketik ‘cmd‘ dan enter), dan lakukan cd ke direktori letak file install-fpc.bat.
  5. Jalankan file install-fpc.bat dengan parameter berikut ini :

    install-fpc [MINGW32DIR PREVFPCBINDIR FPCSRCDIR] [--add-src] [--verbose]

    Berikut adalah contoh dari command yang gw gunakan :

    install-fpc D:\Documents\Work\Misc\mingw32 C:\FPC\2.0.4\bin\i386-win32 D:\Documents\Work\Download\FPC --add-src

    Pada saat sampai disini proses akan cukup lama, silahkan mandi dulu atau buat minuman.

    Setelah selesai tanpa error gw udah punya FPC pada direktori :

    D:\Documents\Work\Temp\FPC

  6. Copy file install-laz.bat ke lokasi dimana Lazarus ingin di-install.
  7. Buka jendela command (Run, ketik ‘cmd‘ dan enter), dan lakukan cd ke direktori letak file install-laz.bat.
  8. Jalankan file install-laz.bat dengan parameter berikut ini :

    install-laz [MINGW32DIR FPCDIR LAZSRCDIR] [--copy-fpc] [--verbose]

    Berikut adalah contoh dari command yang gw gunakan :

    install-laz D:\Documents\Work\Misc\mingw32 D:\Documents\Work\Temp\FPC D:\Documents\Work\Download\Laz --copy-fpc

    Sekali lagi, disini proses akan cukup lama.

    Setelah selesai tanpa error gw jadi punya Lazarus (dan FPC, karena menggunakan option ‘--copy-fpc‘) pada direktori :

    C:\Lazarus\

Penutup

Semoga bermanfaat.

Kalau ada pertanyaan silahkan gunakan fasilitas comment, gw dah males ngetik ne.

3 Comments

Filed under Ilmu, Orang bego punya kegiatan

3 responses to “Free Pascal dan Lazarus untuk Windows menggunakan batch

  1. Bro, aku ada masalah ni tentang lazarus…

    aku udah install lazarus dari reposritory ubuntu 8.04, tetapi waktu aku tekan ctrl+F9 buat compile program aku ternyata keluar pesan error.

    errornya kalo nggak salah dia fatal error tentang merubah jadi XML

    minta alamat messengernya donk bro.
    sekalian nambah kenalan….

  2. Xaie

    Tulisan dari pesan error yang muncul tepatnya apa ya? Mungkin copy-paste saja pesan errornya.

    Kalau install dari repo. Ubuntu biasanya sudah tinggal pakai, tapi saya sendiri belum confirm hal ini. Terakhir kali saya compile sendiri FPC (dan Lazarus) di Ubuntu yang saya pakai sekarang (masih 7.10) dan tidak ada masalah; saya mengikuti petunjuk installasi yang diberikan.

    Anyway, sudah coba compile program samples Lazarus? Buat program “hello world” dulu untuk memeriksa apakah instalasi dan semua komponen berjalan seperti seharusnya.

    Membuat XML? Aneh, anda sedang compile apa sih?

    Messenger? Maaf, tidak punya. Saya jarang online berlama-lama (termasuk untuk chatting).

  3. ahmad

    ms mau tanya pas compile ada error wb,artinya apa y n penyelesaiannya gm ya.trims sblmnya

Leave a Reply

