Bookmark Firefox Raib

Dalam dua hari terakhir seolah-olah ada setan di komputer saya. Setiap kali saya menutup Mozilla Firefox, bookmark selalu hilang. Saya restore dari backup tapi setelah restart Mozilla Firefox, hilang lagi.

Saya pakai Mozilla Firefox dengan profile khusus yang saya siapkan untuk dipakai sehari-hari, bisa di-share, dan digunakan untuk beberapa komputer; oh ya, tentu.. ada enkripsinya supaya hanya saya saja yang bisa pakai profile itu. Masalahnya, dengan embel-embel kustomisasi non-standard pabrikan Mozilla, saya bingung ini salah di program atau karena kustomisasi yang saya buat?

Masalah ini muncul setelah saya update Mozilla Firefox 3.6.13, jadi mungkin ada perilaku yang sebelumnya berfungsi sebelum versi 3.6.13 namun setelah versi ini tidak bisa lagi. Namun kustomisasi yang saya gunakan juga tidak terlalu njelimet amat; cuma script kecil supaya Mozilla Firefox memuat profile dari lokasi tertentu tempat volume ter-enkripsi di-mount. Jadi seharusnya tidak ada masalah, kecuali mulai versi 3.6.13 Mozilla Firefox menyimpan bookmark diluar dari lokasi profile.

Solusi

Setelah mencari-cari solusi di internet, sebenarnya tidak ada penjelasan secara pasti apa masalah saya. Tapi dari yang saya baca ada kemungkinan database SQLite yang dipakai untuk menyimpan bookmark sudah corrupt.

Hemmm… kalau begitu artinya SQLite tidak sepenuhnya “journal“… hmmm. Biarkan itu untuk bahan pemikiran lain waktu, namun untuk sekarang kemungkinan itu sangat terbuka.

Jadi pertama-tama saya rename file places.sqlite di dalam direktori profile saya. Setelah menjalankan Mozilla Firefox dengan cara biasa, yaitu dengan menggunakan profile khusus itu, file places.sqlite dibuat ulang dan saya bisa melakukan restore dengan mengambil bookmark dari tanggal sebelum saya update Mozilla Firefox. Hasilnya? Sukses, semua berjalan seperti biasa.

Nampaknya terbukti, file places.sqlite memang benar-benar corrupt dan saya —Mozilla Firefox— harus membuat file tersebut baru lalu melakukan restore dari backup sebelumnya.

Leave a comment

Filed under Ilmu, Orang bego punya kegiatan

Leave a Reply

