Bahasa Pemrograman “Go” dari Google

Holy crap! A new programming language from Google!

http://golang.org/

Busyet, gw mesti lihat yang satu ini. Dari contoh program yang diberikan nampaknya Python-ish dengan rasa C. Saya bersemangat dengan prospek bahasa ini, bukan karena nama besar Google dibelakangnya tapi karena sederet feature yang masih “katanya” (soalnya belum coba sendiri :D). Baguslah, saya sedang tunggu-tunggu yang seperti ini: fleksibilitas Python dengan power dan workflow C.

Yang paling penting menurut gw, ini bukan interpreted language! Kalau memang betul bisa kompilasi dengan cepat, seperti Object Pascal, maka asik juga bisa menyaingi Python yang (IMHO) bagus tapi sayangnya interpreted. Artinya Go, dari kesan yang gw dapat setelah membaca sekilas, memiliki kecepatan kompilasi seperti Object Pascal, menghasilkan native object bukan intermediate yang dijalankan oleh VM seperti Python atau Java, tapi dengan sifat ekspresif seperti Python.

Hmm.. very interesting. Pertanyaannya sekarang, apakah bahasa ini akan “sukses”?

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a comment